Liburan

Ingin Menyewa Bus Pariwisata? Ini Dia Tipsnya

Menyewa Bus PariwisataAda banyak pilihan alat transportasi yang bisa digunakan untuk pergi berlibur, mulai dari rental mobil, naik bus umum, taxi, sampai kereta api. Namun jika ingin berhenti di perjalanan sejenak untuk menikmati indahnya alam sembari beristirahat dan melepas penat, menyewa bus pariwisata adalah pilihan tepat terutama berlibur dengan ramai. Bahkan, bagi mereka yang melakukan studi banding pun kerap memilih bus pariwisata untuk disewa karena terbilang lebih hemat dan mendukung lantaran mulai dari pemberangkatan sampai kepulangan (termasuk biaya menginap dan makan) sudah dicover semua menjadi satu biaya. Jika Anda berniat pula menyewa bus untuk pergi berlibur bersama rombongan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu agar perjalanan bisa lancar, aman, dan nyaman seperti yang diharapkan. Silakan Anda simak dan aplikasikan tips berikut:

Pilih bus yang fasilitasnya memadai dan layak digunakan

Peristiwa seperti kecelakaan tentu sudah sangat lumrah diketahui, baik secara langsung melihat kejadian maupun melalui media massa. Hal tersebut menjadi gambaran bahwa harus cerdas dalam memilih bus yang tepat, selain fasilitasnya memadai juga harus layak digunakan. Fasilitas seperti toilet, AC, televisi, karaoke, dan DVD player utamanya agar bisa nyaman. Namun di samping itu, kondisi bus juga tak kalah penting yang benar-benar harus dipastikan kelayakannya. Jika bus sudah sering macet bukan tidak mungkin bisa membahayakan keselamatan. Oleh karena itu, jangan memilih bus pariwisata dengan sembarang, alih-alih menjadi momen kebahagiaan takutnya peristiwa memilukan.

Pertimbangkan kapasitas penumpang

Kapasitas penumpang juga merupakan bagian penting yang harus dipertimbangkan dalam memilih bus. Mengingat kapasitas ada yang berkisar dari 25, 37, dan 45 penumpang, membuat Anda harus memastikan bahwa jumlah rombongan sesuai dengan kapasitas yang disediakan. Jika asal-asalan memilih bus yang berkapasitas 37 orang tapi jumlah rombongan sebanyak 43 tentu tidak akan menyenangkan. Untuk itu, dalam menyewa bus pariwisata kapasitas penumpang juga semestinya diseimbangkan dengan kapasitas yang ada.

Pastikan tarifnya terjangkau

Untuk tarif bus umumnya tergantung dari kapasitas penumpang dan juga fasilitas yang didapat. Semakin besar bus dan memadai fasilitas serta pelayananya, maka tentu akan semakin tinggi pula harganya. Penting untuk tidak mudah tergiur dengan tawaran yang sangat murah sebab tentu ada alasannya, bisa saja penginapan belum dicover atau hanya sekadar antar jemput saja. Untuk bus yang patut dipilih seharusnya sudah mengcover semua masalah perjalanan, mulai dari pemberangkatan, akomodasi, makan, hingga pulang karena hal ini bisa menghemat budget. Sebaiknya, bandingkan biaya sewa bus hanya untuk pergi dan pulang saja dengan kepentingan keseluruhan tersebut, pastikan memilih yang tidak over budget.

Pesan dari jauh hari

Supaya tidak kehabisan bus dan membuat rencana perjalanan kacau, Anda harus memesan dari jauh hari, misalnya seminggu sebelum jadwal pemberangkatan. Untuk pembayaran, pada dasarnya 25% dari biaya keseluruhan berupa DP. Ini merupakan suatu bentuk kerja sama yang sudah dianggap sah. Namun, untuk memastikan bahwa bus tidak dicover oleh orang lain sebaiknya 3-5 hari sebelum pemberangkatan sudah dibayar lunas.

Menyewa bus pariwisata untuk suatu haluan harus direncanakan dan dipersiapkan dengan matang agar tujuan menyenangkan. Sebaiknya lakukan langsung kunjungan ke perusahaan bukan hanya sekadar menghubungi via telepon. Di samping itu, dalam memilih tempat sewa bus ketahui dulu reputasi perusahaan. Pastikan sudah terkenal baik di masyarakat dari berbagai pendapat yang diutarakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *